Adsense Indonesia

Jadwal Bedah Buku Selanjutnya

Sekolah Bona Ramawangun

Friday, October 26, 2007

Pesan singkat Toshitaka NOMI

Observasi mengenai karakter dan kelakuan manusia berdasarkan golongan darah ABO telah mulai dicoba di berbagai negara.

Di Amerika, penyelidikan mengenai hubungan golongan darah dengan tubuh dan juga penyakit berada di tingkat awal dan buku yang berjudul, “Eat Right for Your Type” karangan Dr. Peter J. D’Adamo telah menjadi sensasi di akhir-akhir ini. Tentu saja data di Amerika terlihat masih kurang mencukupi dan analisa dibutuhkan untuk bisa lebih akurat.

Golongan darah adalah satu-satunya standar objektif untuk membedakan komposisi fisik dari seluruh mahluk hidup. Masahiko Nomi menumpulkan, membandingkan, mengklasifikasikan data yang tak terhitung banyaknya tentang golongan darah, karakter dan kelakuan manusia, yang membuatnya mendirikan “Blood Type Humanics”. Oleh karenanya, dia memberikan tanda kontribusinya pada sebuah ilmu alam yang baru tentang manusia.

Ratusan ribu data dikumpulkan melalui questioner tentang karakter dan kelakuan, melalui riset dari berbagai bidang khusus seperti olahraga, karakter golongan darah sangat menarik dan dalam kehidupan sehari-hari kita, karakteristik yang menyolok bisa kita alami.

Bagaimanapun juga, sampai sebatas apa kita mengerti akan inovasi dan kemungkinan bidang ilmu alam yang baru ini?

Karena bidang ini muncul sebagai ilmu alam yang bersifat umum untuk bisa dikonsumsi bagi seluruh pembaca, pengetahuan dan informasi yang ditampilkan haruslah menarik dan praktikal. Namun, terminology umum yang digunakan untuk mendiskripsikan karakter manusia sering kali ditumpangi oleh kesalahpahaman, diskriminasi dan juga prasangka. Hal-hal seperti ini harus dihilangkan. Golongan darah bukanlah sebuah ukuran untuk mengevaluasi seseorang.

Ilmu alam mengenai manusia ini baru saja dimulai. Diskusi mengenai pikiran manusia selalu saja bersifat subjektif dan tidak akurat. Sebenarnya, jaman dahulu, kita tidak tahu apa-apa mengenai pikiran manusia, namun sekarang kita telah menemukan sebuah standart yang objektif. Kami berharap kami dapat mengungkapkan karakter manusia dan fenomena-fenomena sosial lewat golongan darah. Memang ilmu alam mengenai manusia ini tidak dapat dijelaskan secara mudah hanya lewat golongan darah saja. Ini hanya merupakan sebuah langkah awal yang bisa digunakan untuk mengeksplorasi dunia.


Toshitaka Nomi
1999

No comments: