Adsense Indonesia

Jadwal Bedah Buku Selanjutnya

Sekolah Bona Ramawangun

Saturday, October 27, 2007

Penggalan isi buku Touch My Heart

Memang golongan darah telah lewat dari 100 tahun sejak ia ditemukan dan sampai sekarang juga masih banyak orang yang berpikir bahwa golongan darah hanya persoalan darah saja. Dilihat dari sisi psikologis, masing-masing material golongan darah menumbuhkan perbedaan pada pembentukan perasaan dan tubuh seseorang. Tentu saja gen yang lain juga menentukan. Meski lahir dari orangtua yang sama, namun dapat terbentuk kepribadian yang bermacam-macam. Hanya saja golongan darah itu sebagai sebuah substansi dasar yang mempengaruhi temperamen dan tindakan seseorang. Hal ini dapat dibuktikan dari beberapa ratus ribu data statistik.

Golongan darah itu seperti bahan dasar dalam memasak. Pada bahan-bahan untuk memasak, ada berbagai macam karakteristik. Seperti yang sering dikatakan oleh para ahli memasak, “Kenalilah dengan baik setiap karakter bahan. Masakan yang menggunakan bahan tersebut adalah masakan yang paling enak.” Demikian pula dalam membesarkan anak. Kalau seseorang benar-benar memahami karakteristik bahan yang disebut golongan darah, bukan saja ia memegang hal yang baik dari anak, tetapi juga dapat dengan bebas melatih kepribadian anak. Dalam perkembangannya, setiap manusia mempunyai ritme dan pola dari tindakan dan cara berpikir. Hal tersebut dapat terlihat karena adanya karakteristik golongan darah.

Orangtua biasa mengkhawatirkan masa depan anak karena terlalu membandingkan anaknya dengan anak orang lain. Ingatlah bahwa pada lingkungan yang luas, pasti ada kemampuan yang dapat dikeluarkan oleh anak. Yang paling penting adalah bagaimana menghidupkannya, cara mengeluarkan kemampuan tersebut. Ada saatnya mereka diajari namun ada pula saatnya orangtua duduk tenang dan melihat apa yang mereka lakukan. Anak yang masih kecil memang tidak tahu bagaimana mengeluarkan kemampuannya. Namun pada saat mereka sudah mandiri, pada saat muncul di lingkungan sosial, orang yang tahu cara dan yang tidak tahu cara, di situlah perbedaan besar akan terlihat. Manusia belajar dari apa yang telah dialaminya. Waktu dan ritmenya berbeda-beda, dan ini ada hubungannya dengan golongan darah.

No comments: